Perlancar Aktivitas Pertanian, Pemdes Gondang Anggarkan Pembangunan JUT

Administrator 17 Desember 2019 10:34:50 WIB

Gondang – Untuk memperlancar mobilitas sektor pertanian melalui Dana Desa tahap II Tahun Anggaran (TA) 2019, Pemdes Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara membangun infrastruktur jalan ke wilayah pertanian atau dengan sebutan lain Jalan Usaha Tani (JUT). Secara keseluruhan total volume Jalan Usaha Tani yang dibangun yang dananya bersumber dari anggaran Dana Desa tahap II dengan volume (650x0,8x0,3)m3 dengan jumlah anggaran pelaksanaan sebesar Rp. 180.970.000.-

Kaur Perencanaan Desa Gondang, Isni Yuliani, ST menjelaskan untuk Dana Desa tahap II Pemdes Gondang memang sudah mengalokasikan Dana Desa untuk membangun Jalan Usaha Tani yang berada di wilayah Subak Gondang 2. Pembangunan Jalan Usaha Tani tersebut sangat dibutuhkan guna memperlancar aktifitas masyarakat dalam aktivitas pertanian.

“Jalan Usaha Tani atau jalan pertanian merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian untuk memperlancar mobilitas sektor pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian dan mengangkut hasil produksi pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan, tempat pengolahan ataupun ke sentra pemasaran terdekat,” jelasnya, Minggu (15/12/2019).

Jalan Usaha Tani sendiri diakuinya telah menjadi program prioritas sebab jalan yang biasa digunakan masyarakat cenderung menyulitkan dan dibangun untuk mempermudah masyarakat untuk melaluinya.

Dalam bidang pertanian Pemdes Gondang selalu mendukung keinginan petani dan berharap petani di Desa Gondang dapat lebih bersemangat dalam menjalankan aktifitas bertaninya.

“Untuk itu petani harus diberikan kemudahan agar aktifitas mereka selama bertani menjadi lancar,” pungkasnya.

Sebagai bentuk transparansi pemerintah desa Gondang maka dibuatkan baliho anggaran penggunaan dana oleh TPK di sekitar pembangunan Jalan Usaha Tani tersebut agar masyarakat tahu dan ikut serta mengawasi penggunaan Dana Desa.

Komentar atas Perlancar Aktivitas Pertanian, Pemdes Gondang Anggarkan Pembangunan JUT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar