Warga Gondang Bersyukur Adanya Ambulans Desa

Administrator 10 Desember 2019 16:41:57 WIB

Gondang - Pengadaan mobil Ambulans Desa yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten  Lombok Utara  melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara  sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa. Dengan adanya Ambulans Desa ini memudahkan pelayanan kesehatan masyarakat  sehingga lebih cepat mendapatkan penanganan dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Program  pengadaan mobil ambulan ini memang digagas dengan tujuan untuk meberikan pelayanan prima khususnya untuk memudahkan pelayanan kesehatan masyarakat yang sedang sakit, melahirkan dan mengalami kecelakaan serta gangguan kesehatan lainnya.

Seperti halnya yang dirasakan warga desa Gondang Kecamatan Gangga, pengadaan ambulan desa ini sangat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya di desa Gondang. Dalam kondisi darurat yang terjadi di lingkungan masyarakat seperti sakit, kecelakaan, melahirkan dan sebagainya yang memerlukan angkutan, warga masyarakat tidak lagi kesulitan untuk itu.

Majemuk, 50 tahun warga dusun Lekok Selatan Desa Gondang yang mengalami patah kaki akibat bencana gempa bumi tahun lalu sangat terbantu dengan adanya mobil ambulans desa ini. Ia tidak harus mengeluarkan biaya transport (gratis) untuk pergi kontrol ke Rumah Sakit Umum Daerah maupun ke Rumah Sakit Umum Provinsi di Mataram.

“Alhamdulillah saya merasa sangat terbantu, tidak lagi harus memikirkan biaya transportasi lagi jika mau kontrol ke RSU Provinsi Mataram. Sebelumnya saya harus mengeluarkan uang 500 ribu sampai 600 ribu hanya untuk biaya transport ke Mataram,” kata Majemuk.

Hal senada juga dikatakan oleh Ibu Nurhayati,  43 tahun warga dusun Lekok Tenggara, ia harus bolak balik Mataram untuk melakukan operasi. Setelah operasi beliau lanjutkan dengan tahap mengontrol dan kemoterapi sehingga harus menggunakan transport mobil untuk ke Mataram. Dengan adanya mobil Ambulans Desa beliau hanya cukup menelepon pemerintah desa ataupun kontak sopir untuk mengantarkan beliau, berangkat maupun pulang kembali.

“Kami tidak bisa bayangkan jika harus bolak balik Mataram untuk melakukan operasi, kontrol maupun kemoterapi. Berapa biaya yang harus kami keluarkan hanya untuk biaya transport saja, belum lagi untuk biaya hidup di Mataram sana. Adanya Ambulans Desa ini memberi manfaat yang sangat besar untuk kami, karena tidak ada biaya yang harus kami keluarkan untuk transport,” ungkap beliau.

Tidak hanya untuk angkutan pasien sakit saja, penggunaan Ambulans desa ini juga dimanfaatkan warga masyarakat dusun untuk mengangkut jenazah ke tempat pemakaman yang jaraknya lumayan jauh. Seperti yang dilakukan Ambulans Desa Gondang beberapa waktu lalu mengangkut jenazah warga dusun Karang Amor, dari Masjid Besar Iwanul Muttaqin Gondang ke tempat pemakaman kubur Impos yang berada di dusun Gondang Timur.

“Kami sangat berterima kasih pemerintah Lombok Utara telah mengadakan mobil Ambulans Desa ini, begitu juga dengan Pemerintah Desa Gondang yang telah menganggarkan  operasionalnya sehingga program untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dapat berjalan maksimal,” kata Pelaksana Kewilayahan Dusun Karang Amor.

Komentar atas Warga Gondang Bersyukur Adanya Ambulans Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar