Mahasiswa KKN-PPM IKIP Mataram Laksanakan Praktik Pembuatan Sabun

Administrator 02 September 2019 17:32:51 WIB

Gondang - Mahasiswa KKN-PPM IKIP (Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan) Mataram melaksanakan program  Pemberdayaan Masyarakat Melalui Chemistry Enterpreneurship di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Salah satu bentuknya adalah dengan mengadakan pelatihan pembuatan sabun bersama warga masyarakat Gondang, Sabtu (10/08) di Kantor Desa Gondang sementara. Kegiatan tersebut merupakan program kerja dari mahasiswa KKN-PPM IKIP di Desa Gondang dalam rangka menambah keterampilan masyarakat dan sebagai tambahan penghasilan keluarga.

Sebelum ptaktek pembuatan sabun dimulai, M. Isnaeni Akbar mewakili Kepala Desa Gondang mengharap peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama sehingga ilmu yang disalurkan nantinya oleh pelatih dapat dipraktekkan di rumah masing-masing. Beliau berharap paling tidak peserta nantinya dapat membuat sendiri sabun ini untuk keperluan pribadi rumah tangga sehingga tidak perlu membeli. Namun tidak menutup kemungkinan kata beliau jika nantinya peserta mau memproduksi dalam jumlah banyak untuk dijadikan usaha beliau sangat apresiasi sehingga dapat menjadi penghasilan bagi keluarga.

“Setiap hari kita selalu menggunakan yang namanya sabun ini, dan itu harus kita beli. Oleh karenanya dengan adanya praktik pembuatan sabun ini paling tidak kita bisa tahu cara membuatnya sendiri dan untuk digunakan sendiri sehingga dapat menghemat pengeluaran rumah tangga,” kata Isnaeni Akbar.

Beliau menambahkan bahwa pihak desa akan siap mendukung dan memfasilitasi jika nantinya setelah praktik ini para peserta mau membuat kelompok usaha pembuatan sabun. Apalagi di desa Gondang sampai saat ini belum ada unit ekonomi produktif masyarakat dibidang pembuatan sabun ini. Oleh karenanya beliau berpesan agar peserta serius mengikuti acara ini sehingga dapat menyerap semua ilmu yang diberikan dari awal hingga akhir.

Kepala Lab IKIP Mataram, Ahmadi yang menjadi tutor praktik ini mengatakan bahwa produk sabun yang akan dibuat kali ini adalah deterjen cair, sabun cuci piring, softener dan softrika. Keempat produk tersebut merupakan kebutuhan pokok dalam rumah tangga, sehingga jika berhasil membuatnya bisa dipastikan pasaran produk sangat luas.

“Saya melihat di Kabupaten Lombok Utara ini peluang untuk mengembangkan usaha pembuatan sabun ini sangat menjanjikan. Hal itu bisa dilihat dengan adanya Bumdes yang sudah di masing-masing desa sehingga produk-produk industrial penduduk setempat dapat ditampung disana,” jelas Ahmadi.

Beliau kemudian menjelaskan bahan-bahan kimia yang digunakan untuk membuat keempat jenis sabun tersebut relatif sama yaitu diantaranya texafon, sodium sulfat, glucotain, metain, LABS (Litium Alkil Bisulfat), soda ash, pewarna, pewangi, dan air isi ulang. Menurutnya semua bahan-bahan pembuatan sabun tersebut bisa didapatkan di toko kimia atau bisa dipesan ditempatnya.

Mahasiswa KKN kemudian mendampingi para peserta pelatihan dalam melakukan praktik, mulai dari pengenalan bahan, pembagian wadah, pencampuran bahan, sampai menjadi barang jadi siap digunakan. Mereka terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Hal ini ditunjukkan dengan aktifnya peserta bertanya pada saat pelatihan berlangsung. Mereka mengaku senang dengan pelatihan praktek pembuatan sabun ini karena dapat menjadi tambahan ilmu dan menjadi tambahan penghasilan keluarga.

Komentar atas Mahasiswa KKN-PPM IKIP Mataram Laksanakan Praktik Pembuatan Sabun

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar