Balai Posyandu “Melati” Karang Pendagi Sudah Rampung

Administrator 02 September 2019 17:26:07 WIB

Gondang - Pembangunan balai Posyandu “Melati” yang berada di dusun Karang Pendagi Desa Gondang Kecamatan Gangga sudah rampung dibangun. Pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Gondang ini menelan anggaran Rp. 88.744.500, yang dianggarkan dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2019.

Dengan adanya balai Posyandu yang berukuran 5m x 6m ini, masyarakat khususnya dusun Karang Pendagi bisa memanfaatkan prasarana kesehatan ini untuk berbagai kegiatan kesehatan seperti pemeliharaan kesehatan bayi dan balita serta pemeliharaan ibu hamil, ibu menyusui, dan pasangan usia subur.

Ketua TPK desa Gondang, Saparudin menjelaskan bahwa Pembangunan Posyandu tersebut telah menjadi prioritas Pemerintah Desa Gondang yang merupakan hasil usulan dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbangdesa) yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 . Hal ini dikarenakan selama ini di dusun Karang Pendagi belum memiliki gedung sendiri untuk pelaksanaan Posyandu tersebut.

"Alhamdulillah pembangunannya sudah selesai, Insyaallah tak lama lagi akan segera kita fungsikan. Tinggal pemasangan instalasi listrik saja," jelas Kepala Dusun Karang Pendagi ini.

Untuk pelaksanaan Posyandu di Dusun Karang Pendagi lanjut beliau, selama ini masih menggunakan Mushalla Integrated Community Shelter (ICS) Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang ada di lapangan umum Gondang. Sebelumnya pernah dilaksanakan menumpang di rumah warga, namun karena jumlah peserta Posyandu ini cukup ramai tidak mampu untuk menampung semua peserta. Akhirnya dipilihlah mushalla ICS ACT yang ukurannya lumayan luas untuk menampung semua peserta Posyandu.

"Selama ini pelaksanaan Posyandu kita selalu selenggarakan menumpang di rumah warga. Padahal jumlah pesertanya cukup ramai dan ini kan sangat penting untuk anak-anak kita. Untungnya untuk sekarang ini kita laksanakan di Mushalla ICS ACT. Untuk itulah tahun ini kami prioritaskan pembangunannya agar ke depan pelaksanaan Posyandu tersebut tidak ada kendala lagi," kata Saparudin.

Sementara itu Kaur Perencanaan Kantor Desa Gondang, Isni Yuliati, ST mengatakan terlaksananya pembangunan balai Posyandu tersebut tentu tak lepas karena anggaran yang dimiliki desa saat ini sangat besar. Dengan anggaran besar tersebut, bukan hanya Posyandu saja yang dapat dibangun oleh desanya, namun beberapa infrastruktur yang memang dibutuhkan masyarakat dapat mulai terwujud.

"Alhamdulillah dengan adanya Dana Desa ini kita bisa bangun satu demi satu infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat," ujar Isni.

Meskipun telah banyak infrastruktur yang dibangun desa saat ini, Isni juga mengakui bahwa masih banyak yang harus dibangun di desanya itu. Untuk itulah dia sangat berharap agar program-program bantuan keuangan untuk desa tersebut terus berlanjut.

"Kami merasa sangat terbantu dengan adanya program bantuan keuangan yang sangat besar ke desa seperti saat ini. Sejak adanya program bantuan keuangan ini sedikit demi sedikit segala kebutuhan masyarakat di desa bisa kami penuhi," pungkasnya.

Komentar atas Balai Posyandu “Melati” Karang Pendagi Sudah Rampung

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar