Study Banding Aparat Desa Dan Pengurus PKK Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara Di Desa Gondang

Administrator 15 November 2016 01:51:18 WIB

Hari Kamis, tanggal 10 November 2016 (10 Safar 1438 H), pemerintah Desa Gondang kedatangan rombongan tamu dari Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara untuk melakukan studi banding.  Tim studi banding yang terdiri dari beberapa orang aparat desa dan pengurus PKK.

Dalam kata sambutannya, ketua Tim Studi Banding  menyampaikan, bahwa maksud kedatangan Tim adalah untuk bersilaturahim sekaligus ingin mendapatkan tambahan ilmu dan pengalaman dari pemerintah desa Gondang dalam hal pengelolaan Bumdes, dan berharap dapat belajar secara langsung, bagaimana pengelolaan Bumdes Desa Gondang.

Kepala Desa Gondang, Ahmad Jauhari dalam sambutan penerimaan mengatakan, selamat datang kepada Rombongan Studi Banding dari Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara di Desa Gondang disertai ucapan terimakasih atas kedatangannya semoga dalam pertemuan ini kita dapat berbagi pengalaman. 

Setelah itu dilanjutkan dengan sesi diskusi mengenai pengelolaan Bumdes yang disampaikan oleh Manajer Bumdes Desa Gondang, H. Syamsul. Dalam penyampaiannya, beliau menjelaskan langkah-langkah menghindari kredit macet diantaranya adalah melibatkan kepala dusun dalam menyeleksi calon nasabah dan bagaimana tingkat kepercayaan masyarakat terhadap calon nasabah tersebut. Beliau juga menjelaskan langkah awal hingga Bumdes ini bisa berdiri sampai sekarang adalah tekad dan niat dari para pengurus. Karena pada awalnya Bumdes ini dengan modal yang sangat terbatas, selama dua tahun awal terbentuknya pengurus tidak pernah mengambil keuntungan, hanya untuk pengalokasian gaji karyawan saja. Beliau melanjutkan bahwa Bumdes Gondang memiliki dua unit usaha yaitu lembaga keuangan mikro (simpan pinjam) dan serba usaha yang dialokasikan dari dana ADD dari pemerintah desa Gondang. Karena manajernya tunggal, maka akan tahu persis unit mana yang membutuhkan dana dan kira-kira berapa dana yang dibutuhkan oleh masing-masing unit.

Usai acara diskusi, Tim Studi Banding langsung diajak menuju ke ruang pelayanan dan ruang kesekretaritan kantor desa Gondang dan kemudian melakukan tanya jawab langsung  dengan para petugas. Setelah itu dilanjutkan ke ruang Bumdes Gondang dan melakukan tanya jawab dengan karyawan Bumdes.

Ketua Pengadilan Tim Studi Banding menyatakan terima kasih atas penerimaan Kepala Desa Gondang serta jajarannya dan Manajer Bumdes Gondang dan para karyawannya semoga pertemuan ini membawa manfaat yang sebesar-besarnya . 

Demikian juga Kepala Desa Gondang menyatakan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika dalam penyambutan rombongan studi banding Aparat Desa Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara terdapat hal-hal yang kurang berkenan.

Komentar atas Study Banding Aparat Desa Dan Pengurus PKK Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara Di Desa Gondang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar