Desa Gondang Terima Kunjungan Studi Komperatif Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo

Administrator 25 April 2018 14:21:10 WIB

Pemerintah Desa Gondang menerima kunjungan dari Pemerintah Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, Senin (23/04) pukul 09.00 wita. Bertempat di halaman di Kantor Desa Gondang, semua perangkat Desa Gondang beserta pelaksana kewilayahan, unsur DP2KB PMD Lombok Utara, dan Pemerintah Kecamatan Gangga menerima secara langsung kedatangan rombongan tersebut.

Rombongan yang berjumlah 80 orang terdiri dari aparat Kecamatan Candi, semua Kades, Sekdes, dan Kaur Keuangan Desa  se Kecamatan Candi ini bertujuan dalam rangka  bersilaturahmi sekaligus ingin mendapatkan tambahan ilmu serta pengalaman dari Desa Gondang karena dianggap salah satu desa terbaik di Indonesia. Lebih khusus lagi karena desa Gondang telah menggunakan aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) dalam penyusunan laporan keuangan Desa. Selain itu juga dalam rangka berwisata karena banyak tempat wisata yang bisa mereka kunjungi di kawasan Lombok Utara ini. Sebelumnya Desa Gondang juga pernah dikunjungi oleh tim studi banding dari Pemkab Sekadau (Kalbar), Kabupaten Bombana (Sulawesi Tenggara), dan Pemkab Temanggung (Jawa Tengah) juga dalam rangka sharing pengalaman tentang semua kegiatan di desa serta pelaporan menggunakan Siskeudes.

Pemerintah Kecamatan Gangga yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan, Bapak Hafis S. IP menyampaikan pengantar sekaligus ucapan selamat datang kepada semua peserta studi banding dari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo ini. Beliau berharap semua peserta dapat menikmati perjalanannya di wilayah Kabupaten Lombok Utara ini, terlebih saat menuju ke Desa Gondang di sepanjang jalan disuguhkan pemandangan daerah pantai, daerah pegunungan dan areal persawahan yang masih alami.  Hafis kemudian sedikit menjelaskan tentang profil dari Kabupaten Lombok Utara yang mana merupakan Kabupaten baru karena berusia 10 tahun, tersebar di 5 wilayah Kecamatan dan 33 Desa serta 10 desa Persiapan. Khusus untuk Desa Gondang, sampai saat ini sudah banyak menorehkan prestasi, salah satunya Sebagai Pengelolaan Desa Terbaik Dalam Keuangan Desa Berbasis Siskeudes.  “Dengan kegiatan ini saya berharap agar apa yang menjadi visi misi bapak dan ibu peserta untuk transfer ilmu dan pengalaman dapat tercapai, khususnya dalam melaksanakan pelaporan Desa menggunakan Sistem Siskeudes. Dan untuk pemerintah desa Gondang kegiatan seperti ini dapat menjadi penyemangat untuk terus meningkatkan prestasi dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” harapnya.

Sambutan kemudian disampaikan oleh Bapak Atmaja Gumbara, SP selaku Kasi Penataan Desa yang mewakili Kadis DP2KB PMD Lombok Utara yang tidak sempat hadir berhubung ada kegiatan di luar daerah. Beliau menyampaikan salam Kadis kepada semua peserta dan berharap agar semua peserta dalam keadaan sehat walafiat dan bahagia tiba di Desa Gondang.  Beliau kemudian menjelaskan bahwa di desa Gondang ini sudah terbentuk dan sudah diresmikan Bumdesmart yang mana pendiriannya diharapakan dapat menumbuhkan usaha lokal masyarakat sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu desa Gondang juga satu-saatunya desa yang paling cepat dalam mencairkan Dana Desa, oleh karenanya Desa Gondang selalu menjadi desa barometer semua desa-desa di Kabupaten Lombok Utara dalam hal administrasi laporan Dana Desa. “Saya berharap peserta nantinya mendapat oleh-oleh setelah kegiatan ini meskipun bukan berbentuk fisik atau barang tapi mungkin dari sisi ilmu dan pengalaman nanti yang didapatkan,” harapnya menutup sambutannya.

Sementara itu ketua rombongan kegiatan ini, Bapak Camat Candi menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Pemerintah Kecamatan Gangga dan khususnya pemerintah Desa Gondang karena sudah ikhlas menerima rombongan studi banding ini. Beliau menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka silaturahim, belajar dan sharing pengalaman dalam membangun desa, serta berlibur di Pulau Lombok yang terkenal dengan destinasi wisatanya yang indah dan masih alami. “Mudah-mudahan nantinya teman-teman disamping belajar juga mendapat inspirasi baru dan ide ide baru terkait dengan pengelolaan keuangan desa maupun pengelolaan destinasi wisata desa yang ada di Candi,” harapnya.

Sambutan terakhir atas nama Kades Gondang yang diwakili oleh Sekdes Gondang Supriyadi S. Sos menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Camat Candi dan semua rombongan yang sudi kiranya menapakkan kaki di desa Gondang yang menjadikan Desa Gondang sebagai tujuan dari kegiatan studi banding. Beliau juga menyampaikan permintaan maaf Kades Gondang karena tidak bisa hadir pada kesempatan ini karena ada kegiatan di luar daerah. Permohonan maaf juga beliau sampaikan terkait tempat penyambutan yang dilaksanakan ini tidak representative, hanya di halaman Kantor Desa Gondang. Hal tersebut tak terlepas dari kondisi Kantor Desa yang beberapa waktu lalu mengalami musibah kebakaran, tepatnya di awal tahun 2017 menghabiskan semua sarana prasarana dan semua berkas di tempat pelayanan.

Beliau kemudian sedikit menjelaskan tentang profil desa Gondang yang mana Desa Gondang merupakan salah satu desa tertua di Lombok Utara yang sudah ada  sebelum Indonesia merdeka yaitu sekitar tahun 1800. Melaksanakan pemerintahan awalnya dalam bentuk Pemerintah desa adat, dan pada tahun 1960 baru menggunakan sistem pemerintahan desa sampai dengan saat ini. Untuk Kades saat ini yaitu Ahmad Jauhari merupakan Kades yang menjabat 2 periode dari tahun 2007 sampai sekarang sekaligus menjadi Ketua Akad (Aliansi Kepala Desa) se Kabupaten Lombok Utara.  Di bawah kepemimpinan Ahmad Jauhari inilah, desa Gondang menjadi salah satu desa yang banyak mendapatkan prestasi baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, maupun Nasional.

Supriadi juga menambahkan bahwa keberhasilan Desa Gondang meraih prestasi tidak terlepas dari peran serta dan kerjasama semua perangkat yang ada di desa Gondang. Terlebih dalam pelaksanaan aplikasi Siskeudes ini semua perangkat diberdayakan dalam menjalankannya sesuai dengan tupoksi masing-masing Kaur dan Kasi, sehingga tidak terjadi tumpang tindih program kegiatan. “Mari kita berdayakan perangkat-perangkat kita sesuai tupoksi yang ada karena itu merupakan kewajiban mereka digaji untuk melaksanakan semua kegiatan dan bertanggung jawab terhadap semua kegiatan yang dibebankan,” pesan beliau kepada peserta.

Acara kemudian ditutup dengan pembacaan doa dan penyerahan cinderamata oleh perwakilan rombongan studi banding dalam hal ini Camat Candi kepada pemerintah Desa Gondang yang diterima langsung oleh Sekdes Gondang. Selanjutnya para peserta diperkenankan untuk melihat-lihat situasi dan kondisi kantor desa Gondang serta berdiskusi tentang hal-hal yang kurang jelas maupun sharing ilmu dan pengalaman langsung kepada masing-masing Kaur, Kasi dan staf  Desa Gondang.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar