Kunjungan Studi Banding Pemkab Temanggung Di Desa Gondang

Administrator 28 September 2017 00:18:41 WIB

Pemerintah Desa Gondang menerima kunjungan dari Pemkab Temanggung, Jawa Tengah Senin 25 September 2017 (5 Muharrram 1439 H). Kepala Desa Gondang beserta perangkat Desa, Pemkab Lombok Utara, DP2KB PMD Lombok Utara, Pemerintah Kecamatan Gangga, Babinmaspol dan Babinsa Kecamatan Gangga menerima secara langsung kedatangan rombongan tersebut sekitar pukul 09.00 wita di kantor Desa Gondang. Rombongan yang datang tersebut terdiri dari semua Kades (14 Kepala Desa), Sekdes, Ketua TPK, dan Pengurus Bumdes  se-Kecamatan Pringsurat, serta didampingi oleh Pemerintah Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Tujuan kunjungan ini adalah dalam rangka studi banding dan bersilaturahmi sekaligus ingin mendapatkan tambahan ilmu serta pengalaman dari Desa Gondang karena Desa Gondang termasuk salah satu desa terbaik di Kabupaten Lombok Utara ataupun Nasional. Lebih khusus lagi karena desa Gondang dianggap sudah lebih baik dalam hal administrasi desa karena telah menggunakan aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa).

Dalam pengantar penerimaannya, Asisten 1 Pemkab Lombok Utara mengucapkan selamat datang kepada rombongan Pemerintah Kabupaten Temanggung di Kabupaten Lombok Utara dan terima kasih atas kedatangannya dan berharap agar acara studi banding ini dapat memberikan pengetahuan dan dapat saling berbagi pengalaman berkaitan tentang masalah di desa. Beliau memaparkan tentang kondisi dan profil Kabupaten Lombok Utara yang merupakan Kabupaten baru yang mempunyai 33 Desa tersebar dalam 5 Kecamatan. Beliau menambahkan bahwa potensi yang mendominasi di Kabupaten Lombok Utara ini adalah dari sektor pariwisata dengan tiga Gili yang sudah terkenal sampai ke mancanegara, yaitu Gili Air, Gili Trawangan, dan Gili Meno. Selain itu sektor pertanian dan perkebunan seperti padi, palawija, kelapa, kakao, kopi, mangga dan yang lainnya juga sangat mendominasi Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Lombok Utara. Selain itu, beliau juga menjelaskan peningkatan Pendapatan Asli Daerah setiap tahun mengalamai peningkatan yang sangat signifikan.

Beliau kemudian menjelaskan peran serta pemerintah desa sebagai ujung tombak pembangunan, lebih-lebih dengan adanya Dana Desa yang telah dikucurkan oleh pemerintah pusat ke desa jumlahnya sangat besar. Oleh karenanya diperlukan sumber daya manusia yang kompeten untuk mengelola dana tersebut. “Dan salah satu contohnya adalah Desa Gondang ini, yang telah melaksanakan pengelolaan keuangan Desa menggunakan aplikasi Siskeudes. Sehingga saya sangat apresiasi kegiatan studi banding yang di laksanakan oleh Pemkab Temanggung di desa Gondang ini, karena sangat tepat dalam hal pengelolaan keuangan di desa”, jelasnya.

Selanjutnya penyampaian kata pengantar disampaikan oleh ketua rombongan studi banding dari Pemkab Temanggung. Beliau sangat bangga karena sudah diterima dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, khususnya Desa Gondang dalam rangka berbagi ilmu dan pengalaman. Beliau menjelaskan tujuan datang ke Desa Gondang ini adalah bersilaturahmi dan berbagi pengalaman dalam pengelolaan Dana Desa menggunakan aplikasi Siskeudes yang telah diterapkan di desa Gondang serta pengelolaan Bumdes. “Tujuan kami dan rombongan ke desa Gondang ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Dana Desa di desa Gondang ini, dan ternyata kami tidak salah dalam menentukan tempat studi banding ini. Apalagi semua pengelolaan dan pelaporannya sudah menggunakan aplikasi Siskeudes sejak tahun 2016, oleh karenanya apa yang sudah dilaksanakan di desa Gondang ini mudah-mudahan akan segera dapat kami terapkan dan laksanakan di desa kami,” harapnya.

Kepala Desa Gondang, Ahmad Jauhari menyampaikan terima kasih yang setingginya kepada pemerintah Kabupaten Temanggung karena telah sudi berkunjung dan bersilaturahmi ke Desa Gondang. Beliau sangat berharap agar apa yang menjadi niatan dalam kegiatan studi banding ini dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama perangkat desa dan tercatat sebagai ibadah dihadapan Tuhan Yang Maha Esa. Beliau kemudian melanjutkan dengan memaparkan tentang sejarah dan profil desa Gondang secara singkat. Kemudian lebih lanjut beliau menjelaskan bagaimana sistem kerja di kantor Desa Gondang dari perencanaan sampai pada pelaporan pertanggungjawaban dengan menggunakan aplikasi Siskeudes, bagaimana kerjasama antar perangkat desa, pelayanan kepada masyarakat, kerjasama dengan BPD, Bumdes dan sebagainya. “Kerjasama antara semua unsur yang ada di desa merupakan faktor penentu agar desa bisa maju dan mau bekerja keras dalam melaksanakan tupoksi masing-masing pada pemerintahan di desa. Selain itu kerjasama yang baik dengan pihak pemerintahpun harus terus dijaga, dalam hal ini DP2KB PMD Lombok Utara terkait masalah perencanaan desa,” pesannya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab/diskusi yang dipandu langsung oleh Kepala Desa Gondang. Sebagian besar para peserta studi banding ini ingin mengetahui bagaimana pengelolaan Dana Desa yang telah dilaksanakan di Desa Gondang serta bagaimana hubungan pemerintah desa dengan pemerintah Kecamatan dan Dinas terkait lainnya dalam hal perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai pada penyusunan laporan pertanggungjawaban. Kepala Desa Gondang secara gamblang dan jelas membagikan pengalamannya dalam melaksanakan semua kegiatan tersebut di desa sehingga para peserta merasa sangat puas dengan hasil diskusi ini dan mereka berharap agar dapat menrapkan apa yang didapat di Desa Gondang ini untuk diterapkan di desa masing-masing. Setelah acara diskusi selesai, acara kemudian ditutup dengan saling tukar cinderamata berupa plakat dan oleh-oleh dari Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Lombok Utara. Selanjutnya para peserta kunjungan dipersilahkan untuk melihat-lihat keadaan dan kondisi kantor desa gondang. Mereka dipandu oleh Sekdes Gondang, Supriadi, S. Sos  tentang cara penggunaan aplikasi Siskeudes di kantor desa Gondang, dan tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dengan bertanya langsung bila dirasa belum jelas. Dan diakhir acara kunjungan tersebut ada juga yang meminta foto bersama dan tukar nomor handphone untuk tetap bisa menjalin silaturahmi.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Gondang

tampilkan dalam peta lebih besar